TUGAS INDIVIDU
Landasan Teknologi
Pembelajaran
A.Pertanyaan
Pengetahuan dan Pemahaman
1.
Tiga area teknologi apakah yang dimaksud oleh pengarang
sebagai sesuatu yang memiliki pengaruh yang bermakna dalam bidang disain
instruksional?
2.
Apakah keuntungan yang didapatkan dari perkembangan situasi
pembelajaran terdistribusi dengan menggunakan pendekatan teori perencanaan
terbuka seperti yang dijelaskan pada pembelajaran terdistribusi tingkat mahir
(Advance Distributed Learning, ADL)?
3.
Menurut pengarang, element penting apakah yang dibutuhkan
untuk membuat suatu program sistem
manajemen dari sistem pembelajaran
terdistribusi agar berfungsi? Mengapa menurut anda elemen ini sangat penting?
4.
Sistem instruksional jenis apakah yang merupakan
karakteristik dari Suasana pembelajaran penarikan informasi (Information pull/
l -PULL) dan pendorongan/pemberian informasi (Information Push / I-PUSH) seperti yang telah dijelaskan oleh
pengarang.
5.
Mengapa menurut pengarang adalah penting untuk mendiskusikan
implikasi etika ketika memikirkan kegunaan stimulasi otak untuk meningkatkan
proses belajar?
B.Pengetahuan
dan Pertanyaan
1.Menurut
pengarang, mengapa analisa PEST berguna dalam mempelajari arah desain
instruksi di masa depan?
2.Diantara tren politik, sosial dan
teknologi yang telah
dijabarkan di bagian pertama pada bab
ini, kenali 3 faktor yang berpotensi untuk menjadi pengaruh terbesar
dalam bidang desain instruksi. Jelaskan mengapa
anda berpendapat demikian.
3.Pelajari setiap kategori implikasi yang
dijelaskan pengarang (contoh, peningkatan kecakapan, ID Tools). Kenali ketiga implikasi yang berpotensi untuk
menjadi pengaruh terbesar pada karir professional anda. Jelaskan mengapa anda berpendapat demikian
JAWABAN:
A.Pertanyaan Pengetahuan dan Pemahaman
1. Tiga area teknologi apakah yang dimaksud oleh pengarang
sebagai sesuatu yang memiliki pengaruh yang bermakna dalam bidang disain
instruksional?
a. perkembangan suasana pembelajaran terdistribusi yang berorientasikan pada
objek,
ini memiliki peran yang dominan dalam
membimbing masa depan untuk Peprogaman berorientasi pada objek saat pengembangan program aplikasi,
termasuk program untuk mendisain dan menyampaikan instruksi.
kelebihan utama dalam menggunakan
bahasa peprograman berorientasi objek adalah mempunyai kemampuan untuk memisahkan fungsi peprograman dengan elemen-elemen data
yang berhubungan.
dalam penggunaan untuk mengembangkan
aplikasi-aplikasi internet, karena internet memiliki potensi untuk terintegrasi dengan bahasa HTML dan
XML. Dalam istilah bahasa peprograman berorientasikan objek, elemen-elemen
program lebih bersifat ‘terhubung’ daripada ‘terpasang’. Secara konsep, dan pada prakteknya, gagasan objek yang terhubung
menciptakan revolusi tentang bagaimana instruksi didisain, dikembangkan, dan
disampaikan.
b. penggunaan aplikasi-aplikasi
pintar
Objek-objek Terhubung
Adalah konseptual dari suasana belajar terdistribusi secara relatif bersifat langsung pada inti persoalan. Misalnya, , hambatannya adalah detail-detail. Contoh program mandiri pelatihan berdasarkan
teknologi (TBT) umum yang bisa dibuat dengan salah satu aplikasi software yang
tersedia di pasaran. Kemudian diatur program tersebut supaya materi-materi instruksional seperti teks bacaan, grafik,
file video dan audio menjadi terintegrasi dalam program sebagai objek yang
terhubung. Di masa yang akan datang, pengaturan organisasi kerja ini
akan mengembangkan sebuah tempat penyimpanan materi-materi konten instruksional
contoh; objek pembelajaran. yang termasuk elemen-elemen spesifik
contohnya; teks bacaan, foto-foto, dan juga bagian besar instruksional rumit lainnya, yang bisa
digunakan kembali melalui link peprograman yang dibutuhkan oleh platform
instruksional satu dan lainnya. Konten informasi dapat dengan mudah diperbarui
seperti yang dibutuhkan untuk memastikan informasi tersebut secara akurat, terkini separti; up to date, dan dibuat sesuai dengan
kebutuhan yang spesifik dari masing-masing siswa.
Sebagai contoh, . Sebuah modul
instruksi berisi tentang cara pengisian laporan kontrol perawatan yang
digunakan sebagai jadwal aktifitas perawatan preventif. Katakanlah peralatan
yang digunakan juga dijadwalkan untuk ditingkatkan agar memiliki kemampuan
operasional baru yang mana akan mempengaruhi cara pelaporan penggunaan alat.
Dengan menggunakan arsitektur berorientasi objek.
Untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran,
sebuah program TBT haruslah mampu untuk menghitung dan merekam kejadian dan
aktifitas pembelajaran penting pada level individual maupun grup. Inilah
saatnya lingkungan instruksional yang terdistribusi memiliki kelebihan yang
signifikan dibandingkan sistem mandiri.
c.
efek yang berkembang dalam ilmu kognitif dan ilmu syaraf.
Selubung Pelatihan.
. Adalah Menyimpan informasi . Akan tetapi, menyimpan informasi dalam lokasi yang terpusat
cenderung menimbulkan masalah sehubungan dengan isu privasi dan kebutuhan untuk
menghasilkan saluran transmisi data yang aman. Seperti yang terjadi pada
komunitas produsen pesawat militer, merreka telah mengembangkan sebuah model
konseptual yang disebut sebagai “Selubung Pelatihan Elektronik” sebagai
penggambaran kemampuannya (Kribs & Mark, 1999). Sebuah selubung pelatihan
elektronik mengintegrasikan pengumpulan informasi.
2.Apakah keuntungan yang didapatkan dari perkembangan situasi
pembelajaran terdistribusi dengan menggunakan pendekatan teori perencanaan
terbuka seperti yang dijelaskan pada pembelajaran terdistribusi tingkat mahir
(Advance Distributed Learning,
atribut-tribut
sub-level yang berhubungan dapat memberikan kemampuan untuk
menggunakan kembali objek pembelajaran ini dalam berbagai software pendidikan
dalam kelas (courseware). Utuk
selanjutnya, objek pembelajaran yang sama juga dapat digunakan untuk mata
pelajaran lain dalam kurikulum yang sama, yang berhubungan dengan suatu benda, misalnya perawatan berkala pesawat terbang, ini merupakan
pemecahan pemecahan masalah (troubleshooting),
sistem integrasi, sistem hidrolis, sistem elektris, sistem mekanis, dan sebagainya.
3.Menurut pengarang, element penting
apakah yang dibutuhkan untuk membuat suatu program sistem manajemen dari sistem pembelajaran terdistribusi agar berfungsi?
Mengapa menurut anda elemen ini sangat penting?
Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yang tertentu.
Yaitu mempunyai komponen-komponen(componenet), Batas sistem (boundary),
lingkungan luar sistem(envirotment), penghubung(interface),
masukan(input), keluaran(output), pengolahan(proses), dan
sasaran (objective atau goal).
a.Komponen Sistem
Komponen sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling
berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu sasaran.
Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem
atau bagaian-bagian dari sistem. Sebab subsistem mempunyai sifat-sifat dari
sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem
secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai sistem lebih besar disebut
sendan supra sistem.
b. Batas Sistem
Batas sistem merupakan
daerah yang berbasis antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan
lingkaran-lingkaran luarnya.batasan sistem memungkinkan suatu sistem dipandang
sebagai satu kesatuan. Batas sistem menunjukan ruang lingkup dari sistem
tersebut.
c. Lingkungan Luar Sistem
Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga
merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi
dari sistem dengan demikian harus tetap dijaga dan dipelihara. Sedangkan
lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan , kalau tidak
akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.
d. Penghubung Sistem
Penghubung sistem merupakan media penghubung antara setiap subsistem
dengan subsistem yang lainnya. Keluaran(output) dari satu sistem akan
menjadi masukan(input) untuk subsistem dapat berinteraksi dengan
subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan.
e. Masukan sistem
Masukan adalah energi yang dimasukan kedalam sistem. Masukan dapat
berupa masukan perawatan(maintenance input), dan masukan sinyal (signal
input ). Maintenance input adalah energi yang dimasukan supaya
sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang
diproses untuk didapatkan keluaran.
f. Keluaran Sistem
Keluaran adalah hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi
keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan
bagi subsistem yang lain atau supra sistem.
g. Pengolahan Sistem
Suatu sistem dapat mempunyai susatu bagian pengolah atau sistem itu
sendiri sebagai pengolahannya. Pengolahan yang dapat merubah masukan menjadi
keluaran.
h. Sasaran Sistem
Suatu sistem pasti mempunyai suatu tujuan (goal). Atau sasaran
(objective) kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran maka operasi
sistem tidak akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali
masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu
sistem dikatakan berhasil jika mengenai sasaran dan tujuannya.
4.Sistem instruksional jenis apakah
yang merupakan karakteristik dari Suasana pembelajaran penarikan informasi
(Information pull/ l -PULL) dan pendorongan/pemberian informasi (Information
Push / I-PUSH) seperti yang telah
dijelaskan oleh pengarang.
Informasi merupakan
suatu hal yang sangat penting bagi manajeman didalam mengambil keputusan
informasi tersebut diperoleh dari sistem informasi. Sistem informasi ini
didefinisikan sebagai berikut:
“sistem informasi
adalah suatu sistem didalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan
transaksi harian, mendukung operasi bersifat manejerial dan kegiatan strategi
diluar organisasi dan menyediakan pihak luar terletak dengan laporan-laporan
yang diperlukan”.
Sistem informasi berdasarkan komponen masih
merupakan kotak ajaib. Karena itu apabila dilihat secara fisik komponen hanyalah
seperangkat alat atau perangkat keras. Pemakain menyediakan masukan-masukan dan
menerima keluaran. Penilaian pemakai mengenai sistem informasi tergantung pada
keluaran bagaimana sipemakai melihatnya.
Keluaran suatu sistem
informasi dapat dikelompokan kedalam lima jenis utama:
a.
Dokumen
transaksi
b.
Laporan
yang dirancang sebelumnya
c.
Jawaban
atas pertanyaan yang direncanakan sebelumnya
d.
Laporan
jawaban atas pertanyaan yang sifatnya sementara
Dialog
manusia dan mesin
5.Mengapa menurut pengarang adalah
penting untuk mendiskusikan implikasi etika ketika memikirkan kegunaan
stimulasi otak untuk meningkatkan hasil belajar?
. Karena Paling tidak dua tema implisit muncul. Pertama, sangat jelas
adanya bahwa pembelajaran dalam banyak lingkungan terlaksana engan cara yang
sangat berbeda di masa depan daripada di masa lalu. Penelitian akan efektifitas
penggunaan teknologi pembelajaran baru ini dangat dibutuhkan.
Kedua, tingkat percepatan perubahan
teknologi memaksa disain dan teknologi instruksional untuk berubah dan
memasukkan perubahan yang luar biasa ini. Dampak kita sebagai bidang yang
profesional akan tersambung secara meningkat dengan kemampuan kita untuk
melaksanakannya.
B.
.Pengetahuan dan Pertanyaan
1.Menurut
pengarang, mengapa analisa PEST berguna dalam mempelajari arah desain
instruksi di masa depan?
,
dapat menjadi panduan yang berguna untuk memperkirakan kemungkinan yang akan
terjadi di masa depan pada bidang apapun, termasuk bidang Desain Instruksi
(DI). Salah satu cara untuk
memperkirakan masa depan adalah dengan menggunakan analisa PEST (politik,
ekonomi, sosial dan teknologi). Analisa
PEST adalah salah satu bentuk analisa sistem yang menyediakan struktur untuk
mempelajari elemen dari sebuah sistem yang lebih besar. Pada kasus terbaru, DI adalah sebuah
subsistem yang merupakan bagian dari sistem yang lebih besar yang meliputi tren
politik, ekonomi, sosial dan teknlologi yang akan mempengaruhi masa depannya
sendiri.
2.Diantara
tren politik, sosial dan teknologi yang telah dijabarkan di bagian
pertama pada bab ini, kenali 3 faktor
yang berpotensi untuk menjadi pengaruh terbesar dalam bidang desain
instruksi. Jelaskan mengapa anda
berpendapat demikian.
3
faktor yang berpotensi yang pengaruh terbesar dalam bidang desain instruksi
adalah:
a.lebih baik,
b. lebih cepat dan
c. lebih murah
Tiga faktor tersebut adalah usaha yang
lebih keras dalam membangun instrument bukan dalam penggunaan instrument
tersebut. Jumlah pendesain instruksi
terlalu sedikit untuk secara langsung membangun desain instruksi bai yang
membutuhkan. Untuk meningkatkan
kemampuan mereka, pendesai instruksi harus menciptakan pejabaran analisa,
desain, pengembangan, evaluasi dan alat manajemen yang luas. Instrument-instrumen tersebut harus
bervariasi dari yang sederhana hingga ke yang paling rumit, berguna bagi
orang-orang dengan kemampuan DI yang berbeda, dan dapat. digunakan pada
berbagai kondisi
3.Pelajari setiap kategori implikasi yang
dijelaskan pengarang (contoh, peningkatan kecakapan, ID Tools). Kenali ketiga implikasi yang berpotensi untuk
menjadi pengaruh terbesar pada karir professional anda. Jelaskan mengapa anda berpendapat demikian
Tiga implikasi
yang berpotensi untuk menjadi pengaruh terbesar pada karir professional
1.Mempokuskan diri pada peningkatan kecapan
manusia
2.Menjadikan
lingkungan proses belajar mengajar sebagai tujuan utama
3.Menginginkan kemampuan seseorang
terukur kemampuannya
Dari ketiga implikasi
tersebut, DI harus terus memfokuskan
diri pada peningkatan kecakapan manusia dan bergerak menjauh dari menjadikan
lingkungan proses belajar mengajar sebagai tujuan utama. Masyarakat menginginkan kemampuan seseorang
terukur dari kecakapannya. Tentu saja,
belajar adalah sebuah perjalanan, dan mengajar akan selalu menjadi sebagian
dari proses belajar, akan tetapi tetap saja kecakapan yang paling utama. Sepanjang sejarah, keuntungan DI
diperuntukkan bagi siapa saja yang sudah terdidik dan termotivasi untuk
berhasil. Akan tetapi, DI tidak lagi
dapat membatasi dirinya sendiri. Jika
kita ingin berperan serta dalam mempersiapkan orang di seluruh dunia untuk
demokrasi dan menjaga standar kehidupan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar