darmansyah

Jumat, 01 Juni 2012

Tiga Area Teknologi:Pertanyaan, Pengetahuan dan Pemahaman


TUGAS INDIVIDU
Landasan Teknologi Pembelajaran
                 A.Pertanyaan Pengetahuan dan Pemahaman
1.      Tiga area teknologi apakah yang dimaksud oleh pengarang sebagai sesuatu yang memiliki pengaruh yang bermakna dalam bidang disain instruksional?
2.      Apakah keuntungan yang didapatkan dari perkembangan situasi pembelajaran terdistribusi dengan menggunakan pendekatan teori perencanaan terbuka seperti yang dijelaskan pada pembelajaran terdistribusi tingkat mahir (Advance Distributed Learning, ADL)?
3.      Menurut pengarang, element penting apakah yang dibutuhkan untuk membuat suatu program  sistem manajemen dari sistem  pembelajaran terdistribusi agar berfungsi? Mengapa menurut anda elemen ini sangat penting?
4.      Sistem instruksional jenis apakah yang merupakan karakteristik dari Suasana pembelajaran penarikan informasi (Information pull/ l -PULL) dan pendorongan/pemberian informasi (Information Push /   I-PUSH) seperti yang telah dijelaskan oleh pengarang.
5.         Mengapa menurut pengarang adalah penting untuk mendiskusikan implikasi etika ketika memikirkan kegunaan stimulasi otak untuk meningkatkan proses belajar?
                 B.Pengetahuan dan Pertanyaan
1.Menurut pengarang, mengapa analisa PEST berguna dalam mempelajari arah desain instruksi  di masa depan?
2.Diantara tren politik, sosial dan teknologi yang telah dijabarkan di bagian pertama pada bab  ini, kenali 3 faktor yang berpotensi untuk menjadi pengaruh terbesar dalam bidang desain instruksi.  Jelaskan mengapa anda berpendapat demikian.
 3.Pelajari setiap kategori implikasi yang dijelaskan pengarang (contoh, peningkatan kecakapan, ID Tools).  Kenali ketiga implikasi yang berpotensi untuk menjadi pengaruh terbesar pada karir professional anda.  Jelaskan mengapa anda berpendapat demikian

JAWABAN:
A.Pertanyaan Pengetahuan dan Pemahaman
1. Tiga area teknologi apakah yang dimaksud oleh pengarang sebagai sesuatu yang memiliki pengaruh yang bermakna dalam bidang disain instruksional?
a. perkembangan suasana pembelajaran terdistribusi yang berorientasikan pada objek,
ini memiliki peran yang dominan dalam membimbing masa depan untuk Peprogaman berorientasi pada  objek saat pengembangan program aplikasi, termasuk program untuk mendisain dan menyampaikan instruksi.
kelebihan utama dalam menggunakan bahasa peprograman berorientasi objek adalah mempunyai kemampuan untuk memisahkan fungsi peprograman dengan elemen-elemen data yang berhubungan.                                                                                               
dalam penggunaan  untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi internet, karena internet memiliki potensi untuk terintegrasi dengan bahasa HTML dan XML. Dalam istilah bahasa peprograman berorientasikan  objek, elemen-elemen program lebih bersifat ‘terhubung’ daripada ‘terpasang’. Secara konsep, dan pada prakteknya, gagasan objek yang terhubung menciptakan revolusi tentang bagaimana instruksi didisain, dikembangkan, dan disampaikan.
b. penggunaan aplikasi-aplikasi pintar
     Objek-objek Terhubung
  Adalah konseptual dari suasana belajar terdistribusi secara relatif bersifat langsung pada inti persoalan. Misalnya, , hambatannya adalah detail-detail. Contoh program mandiri pelatihan berdasarkan teknologi (TBT) umum yang bisa dibuat dengan salah satu aplikasi software yang tersedia di pasaran. Kemudian diatur program tersebut supaya materi-materi  instruksional seperti  teks bacaan, grafik, file video dan audio menjadi terintegrasi dalam program sebagai objek yang terhubung.  Di masa yang akan datang, pengaturan organisasi kerja ini akan mengembangkan sebuah tempat penyimpanan materi-materi konten instruksional contoh; objek pembelajaran. yang termasuk elemen-elemen spesifik contohnya; teks bacaan, foto-foto, dan juga bagian besar instruksional rumit lainnya, yang bisa digunakan kembali melalui link peprograman yang dibutuhkan oleh platform instruksional satu dan lainnya. Konten informasi dapat dengan mudah diperbarui seperti yang dibutuhkan untuk memastikan informasi tersebut secara akurat, terkini separti; up to date, dan dibuat sesuai dengan kebutuhan yang spesifik dari masing-masing siswa.
Sebagai contoh, . Sebuah modul instruksi berisi tentang cara pengisian laporan kontrol perawatan yang digunakan sebagai jadwal aktifitas perawatan preventif. Katakanlah peralatan yang digunakan juga dijadwalkan untuk ditingkatkan agar memiliki kemampuan operasional baru yang mana akan mempengaruhi cara pelaporan penggunaan alat. Dengan menggunakan arsitektur berorientasi objek.
 Untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran, sebuah program TBT haruslah mampu untuk menghitung dan merekam kejadian dan aktifitas pembelajaran penting pada level individual maupun grup. Inilah saatnya lingkungan instruksional yang terdistribusi memiliki kelebihan yang signifikan dibandingkan sistem mandiri.
 c. efek yang berkembang dalam ilmu kognitif dan ilmu syaraf.
Selubung Pelatihan.
. Adalah Menyimpan informasi . Akan tetapi, menyimpan informasi dalam lokasi yang terpusat cenderung menimbulkan masalah sehubungan dengan isu privasi dan kebutuhan untuk menghasilkan saluran transmisi data yang aman. Seperti yang terjadi pada komunitas produsen pesawat militer, merreka telah mengembangkan sebuah model konseptual yang disebut sebagai “Selubung Pelatihan Elektronik” sebagai penggambaran kemampuannya (Kribs & Mark, 1999). Sebuah selubung pelatihan elektronik mengintegrasikan pengumpulan informasi.
 2.Apakah keuntungan yang didapatkan dari perkembangan situasi pembelajaran terdistribusi dengan menggunakan pendekatan teori perencanaan terbuka seperti yang dijelaskan pada pembelajaran terdistribusi tingkat mahir (Advance Distributed Learning,
 atribut-tribut sub-level yang berhubungan dapat memberikan kemampuan untuk menggunakan kembali objek pembelajaran ini dalam berbagai software pendidikan dalam kelas (courseware). Utuk selanjutnya, objek pembelajaran yang sama juga dapat digunakan untuk mata pelajaran lain dalam kurikulum yang sama, yang berhubungan dengan suatu benda, misalnya perawatan berkala pesawat terbang,  ini merupakan pemecahan pemecahan masalah (troubleshooting), sistem integrasi, sistem hidrolis, sistem elektris, sistem mekanis, dan sebagainya.
 3.Menurut pengarang, element penting apakah yang dibutuhkan untuk membuat suatu program  sistem manajemen dari sistem  pembelajaran terdistribusi agar berfungsi? Mengapa menurut anda elemen ini sangat penting?
Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yang tertentu. Yaitu mempunyai komponen-komponen(componenet), Batas sistem (boundary), lingkungan luar sistem(envirotment), penghubung(interface), masukan(input), keluaran(output), pengolahan(proses), dan sasaran (objective atau goal).
 a.Komponen Sistem
Komponen sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu sasaran. Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagaian-bagian dari sistem. Sebab subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai sistem lebih besar disebut sendan supra sistem.
b. Batas Sistem
                  Batas sistem merupakan daerah yang berbasis antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkaran-lingkaran luarnya.batasan sistem memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Batas sistem menunjukan ruang lingkup dari sistem tersebut.

c.  Lingkungan Luar Sistem
Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dengan demikian harus tetap dijaga dan dipelihara. Sedangkan lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan , kalau tidak akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.
d.  Penghubung Sistem
Penghubung sistem merupakan media penghubung antara setiap subsistem dengan subsistem yang lainnya. Keluaran(output) dari satu sistem akan menjadi masukan(input) untuk subsistem dapat berinteraksi dengan subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan.
e.  Masukan sistem
Masukan adalah energi yang dimasukan kedalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan(maintenance input), dan masukan sinyal (signal input ). Maintenance input adalah energi yang dimasukan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.
f.  Keluaran Sistem
Keluaran adalah hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan bagi subsistem yang lain atau supra sistem.
g.  Pengolahan Sistem
Suatu sistem dapat mempunyai susatu bagian pengolah atau sistem itu sendiri sebagai pengolahannya. Pengolahan yang dapat merubah masukan menjadi keluaran.
h.  Sasaran Sistem
Suatu sistem pasti mempunyai suatu tujuan (goal). Atau sasaran (objective) kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil jika mengenai sasaran dan tujuannya.
 4.Sistem instruksional jenis apakah yang merupakan karakteristik dari Suasana pembelajaran penarikan informasi (Information pull/ l -PULL) dan pendorongan/pemberian informasi (Information Push /   I-PUSH) seperti yang telah dijelaskan oleh pengarang.
Informasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi manajeman didalam mengambil keputusan informasi tersebut diperoleh dari sistem informasi. Sistem informasi ini didefinisikan sebagai berikut:
sistem informasi adalah suatu sistem didalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi bersifat manejerial dan kegiatan strategi diluar organisasi dan menyediakan pihak luar terletak dengan laporan-laporan yang diperlukan”.
     Sistem informasi berdasarkan komponen masih merupakan kotak ajaib. Karena itu apabila dilihat secara fisik komponen hanyalah seperangkat alat atau perangkat keras. Pemakain menyediakan masukan-masukan dan menerima keluaran. Penilaian pemakai mengenai sistem informasi tergantung pada keluaran bagaimana sipemakai melihatnya.
Keluaran suatu sistem informasi dapat dikelompokan kedalam lima jenis utama:
a.     Dokumen transaksi
b.    Laporan yang dirancang sebelumnya
c.     Jawaban atas pertanyaan yang direncanakan sebelumnya
d.    Laporan jawaban atas pertanyaan yang sifatnya sementara
Dialog manusia dan mesin
 5.Mengapa menurut pengarang adalah penting untuk mendiskusikan implikasi etika ketika memikirkan kegunaan  stimulasi otak untuk meningkatkan hasil belajar?
. Karena Paling tidak dua tema implisit muncul. Pertama, sangat jelas adanya bahwa pembelajaran dalam banyak lingkungan terlaksana engan cara yang sangat berbeda di masa depan daripada di masa lalu. Penelitian akan efektifitas penggunaan teknologi pembelajaran baru ini dangat dibutuhkan.
Kedua, tingkat percepatan perubahan teknologi memaksa disain dan teknologi instruksional untuk berubah dan memasukkan perubahan yang luar biasa ini. Dampak kita sebagai bidang yang profesional akan tersambung secara meningkat dengan kemampuan kita untuk melaksanakannya.
B. .Pengetahuan dan Pertanyaan
1.Menurut pengarang, mengapa analisa PEST berguna dalam mempelajari arah desain instruksi  di masa depan?
, dapat menjadi panduan yang berguna untuk memperkirakan kemungkinan yang akan terjadi di masa depan pada bidang apapun, termasuk bidang Desain Instruksi (DI).  Salah satu cara untuk memperkirakan masa depan adalah dengan menggunakan analisa PEST (politik, ekonomi, sosial dan teknologi).  Analisa PEST adalah salah satu bentuk analisa sistem yang menyediakan struktur untuk mempelajari elemen dari sebuah sistem yang lebih besar.  Pada kasus terbaru, DI adalah sebuah subsistem yang merupakan bagian dari sistem yang lebih besar yang meliputi tren politik, ekonomi, sosial dan teknlologi yang akan mempengaruhi masa depannya sendiri.
2.Diantara tren politik, sosial dan teknologi yang telah dijabarkan di bagian pertama pada bab  ini, kenali 3 faktor yang berpotensi untuk menjadi pengaruh terbesar dalam bidang desain instruksi.  Jelaskan mengapa anda berpendapat demikian.
3 faktor yang berpotensi yang pengaruh terbesar dalam bidang desain instruksi adalah:
 a.lebih baik,
 b. lebih cepat dan
 c. lebih murah
Tiga faktor tersebut adalah usaha yang lebih keras dalam membangun instrument bukan dalam penggunaan instrument tersebut.  Jumlah pendesain instruksi terlalu sedikit untuk secara langsung membangun desain instruksi bai yang membutuhkan.  Untuk meningkatkan kemampuan mereka, pendesai instruksi harus menciptakan pejabaran analisa, desain, pengembangan, evaluasi dan alat manajemen yang luas.  Instrument-instrumen tersebut harus bervariasi dari yang sederhana hingga ke yang paling rumit, berguna bagi orang-orang dengan kemampuan DI yang berbeda, dan dapat. digunakan pada berbagai kondisi
 3.Pelajari setiap kategori implikasi yang dijelaskan pengarang (contoh, peningkatan kecakapan, ID Tools).  Kenali ketiga implikasi yang berpotensi untuk menjadi pengaruh terbesar pada karir professional anda.  Jelaskan mengapa anda berpendapat demikian
Tiga implikasi yang berpotensi untuk menjadi pengaruh terbesar pada karir professional
1.Mempokuskan diri pada peningkatan kecapan manusia
 2.Menjadikan lingkungan proses belajar mengajar sebagai tujuan utama
3.Menginginkan kemampuan seseorang terukur kemampuannya
Dari ketiga implikasi tersebut,  DI harus terus memfokuskan diri pada peningkatan kecakapan manusia dan bergerak menjauh dari menjadikan lingkungan proses belajar mengajar sebagai tujuan utama.  Masyarakat menginginkan kemampuan seseorang terukur dari kecakapannya.  Tentu saja, belajar adalah sebuah perjalanan, dan mengajar akan selalu menjadi sebagian dari proses belajar, akan tetapi tetap saja kecakapan yang paling utama.  Sepanjang sejarah, keuntungan DI diperuntukkan bagi siapa saja yang sudah terdidik dan termotivasi untuk berhasil.  Akan tetapi, DI tidak lagi dapat membatasi dirinya sendiri.  Jika kita ingin berperan serta dalam mempersiapkan orang di seluruh dunia untuk demokrasi dan menjaga standar kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar